Cara Memulai Bisnis Online dengan Benar

Pernahkah anda terpikir mendapatkan penghasilan di luar gaji bulanan anda?

Tentu sebagian besar dari anda pernah terpikir.  Entah sampai mana pikiran anda berkelana, entah sejauh mana tindakan yang anda lakukan untuk mendapatkannya. Terlebih ketika anda melihat kebutuhan akan hidup ini semakin meningkat sementara gaji bulanan jalannya lambat sekali bahkan sering jalan di tempat.

Kalau begitu, pernahkah terpikir oleh anda mendapatkan penghasilan luar biasa dari Internet?

Kok luar biasa?

Ya, karena yang anda lihat hampir semua yang sukses di internet penghasilannya luar biasa. Bahkan jauh melebihi yang namanya gaji bulanan.

Naaaah…. Kalau begitu, anda mulai berpikir anda mungkin sekali sukses bisnis online dari internet?

Oke, sebelum jauh melangkah anda bisa melihat terlebih dahulu keuntungan dan kerugian berbisnis online.

Keuntungan Bisnis Online :

1. Fleksible – Bisa Dijalankan Dimana Saja dan Kapan Saja.

Inilah enaknya bisnis online, bisa dijalankan dimana saja dan kapan saja asalkan ada koneksi internet. Anda tidak butuh tempat khusus untuk menjalankannya, tidak ada batasan hari, semua anda yang menentukan sendiri kapan mau mengerjakannya. Memang sepertinya enak dan santai…. ya memang, itu kalau anda sudah sukses.

Tapi, untuk sampai kesana anda butuh kerja keras. Namanya juga bisnis, butuh kesungguhan, konsistensi dan fokus menjalankannya.

2. Anda adalah Bossnya (You are The BOSS).

Anda adalah boss bagi diri anda sendiri. Anda bebas mengatur waktu dan bebas untuk bekerja. Anda sendiri yang menentukan kapan waktu untuk bekerja, kapan waktu untuk bersantai dan kapan waktu untuk cuti. Anda sendiri yang menentukan target yang anda buat. Anda sendiri yang menentukan strategi apa yang ingin anda kembangkan.

3. Modal Awal Sesuai Kemampuan Anda.

Modal anda untuk memulai bisnis di Internet bisa disesuaikan dengan kemampuan anda. Anda bisa mulai dengan bisnis online yang bermodal kecil terlebih dahulu. Bahkan jika anda tidak memiliki produk, anda bisa mulai dulu dengan mendapat komisi dari menjualkan produk orang lain.

4. Bisa Sukses Apapun Latar Belakang Anda.

Apapun latar belakang anda, apapun profesi anda saat ini, anda bisa sukses di bisnis internet. Bahkan mereka yang awalnya sama sekali tidak mengerti, alias buta tentang dunia internet marketing pun bisa sukses. Yang paling penting adalah kemauan besar untuk belajar dan fokus menjalankannya. Usia bukanlah halangan, mau tua atau muda, anda tetap bisa sukses menjalankan bisnis online.

5. Penghasilan yang Melimpah.

Inilah yang paling menggiurkan dari bisnis online, yaitu potensi penghasilan yang melimpah. Komisi yang anda dapatkan berbeda-beda tergantung metode apa yang anda terapkan. Komisi kecil jika potensi pasarnya global maka penghasilan anda akan melimpah. Misalnya saja jika anda menjalankan bisnis online dalam bidang affiliasi lalu banyak yang membeli produk barang melalui website atau blog anda maka anda bisa mendapatkan komisi yangcukup besar di luar dugaan anda.

6. Bisnis tetap berjalan meskipun anda sedang TIDUR.

Bisnis online anda berjalan selama 24 jam, dan 7 hari seminggu. Ya, meskipun tengah malam, saat anda sedang tidur, jualan anda masih bisa dilihat oleh orang lain. Tanpa harus standby, tanpa harus mempekerjakan karyawan yang seringkali tidak bisa diandalkan. Bahkan transaksi tengah malam pun bisa. Anda tinggal melakukan setting otomatis. Menyenangkan bukan?

7. Mudah Mempromosikan Produk

Dalam dunia bisnis online, mempromosikan produk itu sangat mudah jika dibandingkan dengan promosi secara offline. Bisa dengan iklan, media sosial, dll. Biayanya pun jauh lebih hemat dan pangsa pasarnya jauh lebih luas. Anda bisa menjangkau seluruh Indonesia, bahkan Dunia.

Namun bisnis online bukan tanpa kerugian, berikut kerugian bisnis online:

1. Sangat bergantung pada Internet.

Bisnis online akan sangat bergantung pada koneksi internet anda karena sebagian besar (tidak semua) aktifitas dilakukan via internet.

2. Resiko Pelanggaran Hak Cipta.

Ya, inilah salah satu kendala di dunia internet. Jika anda menjual produk digital seperti ebook, kadang kala ada saja orang-orang yang berbuat curang dengan menjual produk anda tanpa sepengetahuan anda. Atau menjualnya dengan harga murah. Untuk mengatasi ini anda bisa menerapkan sistem afiliasi.

3. Kepercayaan konsumen.

Barang yang anda jual tidak dilihat langsung oleh customer anda. Penjual dan pembeli harus saling percaya. Karena peluang untuk melakukan penipuan baik dari penjual dan pembeli sama-sama besar. Sangat penting untuk menjaga kepercayaan konsumen anda.

4. Masalah Pengiriman Barang/Produk.

Adanya tambahan biaya untuk ongkos kirim. Terkadang ada kendala barang yang dipesan terlambat datang/ masalah pengiriman. Anda harus lebih sabar menghadapi customer. Tapi, jika produk anda adalah produk digital maka anda tidak perlu biaya kirim

Itulah hal-hal yang harus anda perhatikan saat anda ingin memulai sebuah bisnis online.

Saya yakin anda semua bisa, asalkan anda mau, dan komitmen dengan tujuan hidup anda.

Subscribe, jika anda ingin mendapatkan artikel untuk meningkatkan kapasitas diri anda.

Previous Post

GRATIS, Video Laris Pasang Iklan di Facebook Senilai Rp.100.000

Next Post

Mindset New Normal !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *